19 Januari 2021
manfaat renang

10 Manfaat renang bagi kesehatan tubuh manusia

Manfaat renang bagi kesehatan tubuh manusia memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Dikarenakan berenang memiliki manfaat yang luar biasa, sebaiknya anda memasukkan olahraga renang pada list olahraga rutinan anda.
Berenang juga bisa dibilang sebagai olahraga yang fleksibel, artiya bisa dilakuka oleh semua usia, mulai dari yang sudah tua baik anak – anak, remaja, dan orang dewasa bisa mendapatkan manfaat renang ini. Manfaat renang dapat anda pahami dalam penjabaran berikut ini:

1. Dapat Menguatkan Otot

Berenang membuat seluruh organ menjadi aktif bergerak, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Saat bergerak di dalam air, bagian-bagian tubuh juga akan mengerahkan 12 kali lebih banyak kekuatan karena harus ‘melawan’ massa air. Kondisi inilah yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Menghilangkan Stres

Olahraga renang ternyata juga bisa menghilangkan stres. Berenang merupakan olahraga yang menggunakan air, dimana kegiatan tersebut dapat membuat anda lebih bergembira. Selain itu, hormon endorphin yang sering juga disebut hormon bahagia akan meningkat saat berenang secara santai.

3. Membentuk tubuh ideal.

Tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap wanita, namun kini tidak hanya wanita, banyak pria juga menginginkan tubuh yang ideal dan proporsional. Hal itu dapat anda wujudkan dengan rajin berenang, karena manfaat renang salah satunya dapat membentuk tubuh.

Renang menggunakan gaya dada selama 10 menit mampu membakar kalori sebanyak 60 kalori. Berbeda dengan gaya punggung, yang mampu membakar 80 kalori dalam waktu 10 menit. Sedangkan jika Anda menggunakan gaya kupu-kupu sela 10 menit maka da 150 kalori yang terbakar.

4. Meredakan radang sendi.

Salah satu solusi yang tepat ketika merasa nyeri sendi ialah dengan berenang. Berbagai permasalahan pada tulang belakang dapat diatasi dengan cara ini. Hal ini dikarenakan gerakan renang dapat membuat otot menjadi aktif bergerak. Dengan begitu sendi tidak mudah mengalami peradangan.

5. Menurunkan risiko diabetes.

Penyakit diabetes ini merupakan penyakit yang rawan bagi yang berusia di atas 30 tahun. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utama dari penyakit ini. Oleh sebab itu untuk mengurangi risiko diabetes bisa dilakukan dengan cara berenang.

6.Membugarkan Tubuh.

Sistem metabolisme tubuh akan kembali ormal dan bekerja dengan baik jika anda rajin berenang selama kurang lebih 20 menit setiap harinya. Metabolisme yang baik tentunya akan membuat tubuh anda lebih bugar.

7. Mengatasi obesitas.

Obesitas atau keadaan berat badan yang berlebih dapat diatasi dengan berenang. Sebagaimana yang telah dibahas di atas, bahwa berenang dapat membuang kalori di dalam tubuh. Tubuh yang sehat dan ramping juga dapat anda rasakan saat rajin berenang.

8. Meningkatkan Fungsi Kerja Jantung

Selain melatih otot tubuh, manfaat renang yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat menyehatkan jantung. Dengan begitu, jantung akan memompa darah pada tingkat yang lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan seseorang.

9. Membakar Kalori Lebih Banyak

Kalori merupakan suatu kandungan dalam tubuh yang jika berlebih dapat berbahaya. Anda dapat berenag untuk menghilangkan kalori berlebih. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari obesitas. Karena menggerakkan seluruh tubuh, renang merupakan olahraga kardio terbaik. Tapi jangan lupa, saat pemanasan lakukan juga lari cepat (sprint) untuk mencegah cidera, kram, dan membuat proses metabolisme tubuh jadi lebih cepat. Ini sangat baik bagi penurunan berat badan.

10. Memperbaiki Kualitas Pernafasan

Teknik pernafasan saat berenang berbeda dengan olahraga lainnya. Pernafasan yang panjang, ditahan, lalu dikeluarkan adalah teknik yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan berenang, kualitas pernafasan kita Anda akan lebih baik. Hebatnya lagi berenang diyakini dapat menyembuhkan penyakit asma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *