30 November 2020
Jasa Print Kain

Ini Jenis Tinta Yang Biasa Digunakan Oleh Jasa Print Kain

Proses mencetak kain menggunakan mesin printing merupakan inovasi baru yang mampu memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Mesin ini mampu mencetak motif kain dalam waktu yang singkat namun dalam jumlah yang besar. Selain itu juga hasil yang didapatkan hampir sama persis dengan desain yang sudah ditentukan. Karena hal tersebut jasa print kain menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh masyarakat.

Pada proses pencetakan kain ini tentunya membutuhkan mesin printing dan juga tinta. Ada beberapa jenis tinta yang perlu diketahui agar mendapatkan hasil yang bagus sesuai dengan jenis kainnya.

Menggunakan Jenis Tinta Latex

Tinta latex adalah salah satu tinta yang memiliki bahan dasar dari air, sehingga tinta ini tergolong ramah lingkungan. Namun jangan salah, meskipun memiliki bahan dasar dari air, tinta ini dapat menempel dengan kuat pada berbagai macam media, salah satunya adalah kain.

Tidak heran mengapa jasa print kain menggunakan tinta dengan jenis ini. Tinta ini biasanya disebut dengan tinta yang stabil karena memang lateks memiliki arti kata stabil.

Tinta Disperse

Tinta yang satu ini merupakan tinta yang tergolong cukup murah harganya. Karena dalam proses produksinya tidak membutuhkan transfer paper, sehingga harganya lebih murah dan banyak dipakai oleh jasa print kain. Jenis tinta ini biasanya cocok untuk digunakan dengan bahan dasar kain polyester, acrylic, lycra dan juga rayon acetate.

Cara penggunaannya adalah dengan teknik direct to tekstil, yaitu dengan cara tinta tersebut digunakan secara langsung pada kain yang kemudian dipanaskan. Warna yang nantinya dihasilkan tergolong tajam pada warna-warna yang tertentu.

Menggunakan Tinta Pigment

Tinta ini merupakan salah satu tinta yang dikenal tidak mudah luntur dan warna yang dihasilkan sangat awet. Namun tinta ini hanya dapat menempel pada permukaan kain saja sehingga warna yang didapatkan sedikit lebih kusam dibandingkan dengan tinta lainnya.

Tinta pigment biasanya sering digunakan pada media kain dengan jenis katun oleh jasa print kain. Meskipun begitu tinta ini apabila terkena sinar matahari secara langsung maka tidak akan mengurangi warna yang dihasilkan dari tinta ini, bahkan elemen kimia lain juga tidak akan menghilangkan warnanya.

Menggunakan Tinta Sublimasi

Untuk tinta jenis ini hanya dimanfaatkan oleh teknik sublimasi, yaitu menggunakan bantuan heat press dan juga transfer paper. Cara untuk membuat motif kain dengan tinta sublimasi adalah dengan tinta yang ditransfer pada kain dengan kertas transfer paper kemudian dilanjutkan dengan heat press atau bisa juga dicetak langsung pada kain yang nantinya dipanaskan dengan heat press roll.

Kain yang biasanya digunakan adalah kain polyester. Hasil yang didapatkan dari tinta sublimasi ini adalah warnanya yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan warna dengan tinta lainnya. Selain itu warna yang dihasilkan tinta tersebut memiliki daya tahan cuci yang baik. Meskipun kainnya sudah dicuci beberapa kali, namun warna tintanya tidak mudah untuk pudar dan hilang.

Nah itu tadi berbagai macam jenis tinta yang dapat digunakan oleh jasa print kain yang dapat disesuaikan dengan kain yang diinginkan. Karena jenis kain juga dapat mempengaruhi warna agar lebih terlihat tajam dan tidak mudah pudar. Untuk itu jangan lupa untuk memilih kain yang tepat dan sesuai dengan tinta yang akan digunakan agar hasil yang didapatkan jauh lebih bagus. Jika anda menginginkan hasil print kain yang lebih maksimal bisa mencarinya pada market digital Fullprint. Marketplace ini menyediakan custom dengan kualitas terbaik dan terdapat fasilitas untuk custom kain untuk di print sesuai dengan yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *