28 Juli 2021
Penyebab Susah Hamil

Ketahui 6 Faktor Penyebab Susah Hamil

Kehadiran si kecil tengah-tengah keluarga merupakan hal yang sangat dinantikan bagi mereka yang sudah menikah. Memiliki anak akan semakin meningkatkan kehangatan dalam keluarga dan memberikan pengalam baru bagi para orang tua. Namun, tidak semua pasangan yang sudah menikah dengan cepat dikaruniai momongan. Penyebab susah hamil juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kesuburan hingga gaya hidup.

Faktor Susah Hamil

Agar Anda dapat mempersiapkan kehamilan maka silahkan simak beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda susah hamil. Dengan demikian, Anda pun dapat mencari solusi agar segera hamil.

Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat bukan hanya berdampak buruk terhadap kesehatan namun juga dapat membuat seseorang susah hamil. Sering merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi kualitas sperma pada laki-laki. Oleh sebab itu, sperma tidak dapat membuahi sel telur sehingga akan susah untuk hamil.

Jika Anda merencanakan program hamil, maka ubahlah gaya hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan air putih. Selain itu, Anda juga harus rajin berolahraga sehingga akan menghasilkan sperma yang berkualitas.

Terjadi Penyumbatan Pada Tuba Falopi

Beberapa wanita yang susah hamil bisa jadi disebabkan oleh tersumbatnya tuba falopi. Tersumbatnya saluran ini akan menghalangi sel telur menuju rahim. Akibatnya, sel telur dan sperma pun tidak dapat bertemu sehingga tidak menghasilkan pembuahan.
Untuk mengetahui apakah Anda mengalami gangguan penyumbatan pada tuba falopi maka Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Usia

Usia Anda dan pasangan juga dapat mempengaruhi proses kehamilan. Wanita akan lebih susah untuk hamil jika sudah memasuki usia lebih dari 35 tahun, sedangkan laki-laki yaitu 45 tahun. Pertambahan usia dapat akan menurunkan kualitas sperma dan sel telur.

Endometriosis

Gangguan endometriosis cukup banyak dialami oleh wanita di dunia. Kondisi ini ditandai ada jaringan yang tumbuh pada bagian luar rahim. Jaringan asing tersebutlah yang dapat menghambat kehamilan.

Gangguan ini memiliki tanda rasa sakit perut seperti kram. Tanda lain yang dapat Anda jadikan acuan yaitu keluar darah yang sangat banyak saat menstruasi, mual serta durasi menstruasi lebih panjang. Bahkan, Anda juga akan merasakan nyeri ketika sedang melakukan hubungan seksual. Agar hal ini dapat segera ditangani maka silahkan memeriksakan kandungan Anda ke dokter kandungan.

Gangguan Ovulasi

Ovulasi merupakan masa subur wanita. Biasanya wanita akan mengalami ovulasi beberapa hari setelah selesai menstruasi. Namun, bagi wanita yang mengalami gangguan kesuburan akan berakibat pula pada masa ovulasi.

Gangguan ovulasi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan hormon. Melonjaknya produksi hormone prolactin biasanya yang menyebabkan gangguan ovulasi. Selain itu, bisa juga karena gangguan lain seperti PCOS dan kelenjar hipofisis yang terganggu.

Infertilitas Pada Pria

Gangguan kehamilan tidak hanya terjadi pada wanita namun juga pria. Apabila seorang pria mengalami gangguan kesuburan maka juga akan menyebabkan sulit hamil. Hal ini dikarenakan jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit. Selain itu, gangguan kesuburan pada pria juga mempengaruhi pergerakan sperma. Sperma yang pergerakannya rendah akan sulit untuk mencapai sel telur sehingga proses pembuahan gagal.

Hal lain yang menyebabkan susah hamil yaitu pria memiliki sperma yang abnormal. Dengan demikian, sperma mudah mati sebelum sampai ke sel telur. Gangguan disfungsi ereksi juga menjadi masalah yang membuat susah hamil.

Sekian informasi mengenai penyebab wanita susa hamil yang dapat kami sampaikan. Agar Anda bisa mendapatkan solusi kehamilan yang tepat sebaiknya silakan berkonsultasi dengan dokter kandungan dan merencanakan program hamil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *