Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin, Ini Caranya!

ac mobil

AC mobil tidak dinginĀ  menjadi salah satu hal menyebalkan yang terjadi saat anda berada di dalam mobil. Terlebih ada kondisi dimana, AC mobil bukan lagi tidak dingin tapi juga hanya mampu mengeluarkan suara angin saja. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kasus ini.

Apakah Filter Kabin Kotor?

Ketika AC mobil hanya mengeluarkan angin saja kemungkinan filter kabin kotor sehingga sirkulasi udara pada AC menjadi terhambat. maka dari itu Anda harus mengganti filter kabin ketika jarak tempuh sudah mencapai 10. 000 km atau dalam 3 sampai 6 bulan. Filter kabin mempunyai fungsi untuk menyaring debu dan kotoran. ini juga bisa melakukan konsultasi ke bengkel service AC mobil, untuk mengetahui lebih lanjut dari masalah AC mobil anda

Apakah Puli Kompresor Sudah Tidak Berputar?

Sering kali yang terjadi saat AC mobil tidak dingin adalah bagian komponen puli kompresor yang menghubungkan antara steering, alternatif, water pump dan juga kipas pendingin tidak berfungsi semestinya. Bagian belt yang putus membuat kompresor menjadi tidak bekerja. Ini dikarenakan kipas pendingin radiator dan pompa air tidak berfungsi dan bisa mengakibatkan overheating sehingga mobil bisa jadi mogok.

Apakah Magnetic Clutch dan Thermistor Rusak?

Komponen Magnetic Clutch ini menempel pada bagian kompresor. Jika bagian ini rusak maka  gulungan spool magnetnya memang mudah rusak karena arus pendek atau umur pemakaian. Nah ketika kabin mobil sudah mencapai temperatur yang diinginkan maka thermistor juga akan mengirim sinyal ke kompresor untuk berhenti bekerja. Jika sebuah sistem AC tidak ada thermistor maka menyebabkan kompresor bekerja terus hingga evaporator beku. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab AC mobil anda hanya mengeluarkan angin saja. kondisi tersebut memungkinkan anda untuk langsung service AC mobil untuk penanganan lebih lanjut.

Suhu Mesin Yang Tinggi

Ketika suhu mesin mobil cukup tinggi akan mengakibatkan sight glass jadi menghitam dan bagian receiver drier mengalami penyumbatan. Suhu mesin yang tinggi juga disebabkan karena masih terlalu lama menyala saat perjalanan jauh. Ini bahkan bisa membahayakan pengendara atau kompresor AC mobil yang akan menyuplai udara dingin. Maka dari itu selalu jaga kondisi suhu mesin agar tidak terjadi over heat. Istirahatkan mobil sejenak ketika anda melakukan perjalanan jauh.

Penutup

Nah itu beberapa hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin dan cara mengatasinya. Untuk bengkel yang bisa menangani AC mobil anda bisa langsung mengunjungi supercar.id. Bengkel ini memberikan pelayanan terbaik karena penanganannya dilakukan oleh para mekanik profesional dan handal. Bahkan para pekerjanya sudah punya pengalaman menangani berbagai tipe mobil jadi Sudah tahu betul berbagai karakter AC mobil. Perbaikan AC mobil juga bisa dilakukan dengan cepat oleh tangan ahli dari supercar.id. Maka tunggu apalagi segera kunjungi bengkel online ini sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *